Berbagai bahaya pekerjaan beserta pencegahannya

ala mbohDitulis di Jerman pada tahun L412.Parnflet itu memberi petunjuk kepada para tukang mas guna menghindari keracunan air raksadan timah hitam. Di tahun 1556, dalam tulisannya mengenai industri pertambangan, ahli mineral Jerman Georgius Agricola memberikan tinjauan tertulis pertama yang diketahui sehubungan dengan masalah-masalah kesehatan para penambang. Agricola menyatakan bahwa sejumlah kaum wanita yang tinggal di sekitar daerah pertambangan di Pegunungan Carpathia, Eropa Timur, berturut-turut telah kehilangan suami akibat penyakit-penyakit atau kecelakaan yang ada kaitannya dengan pertambangan. Menurut mendiang ahli sejarah kedokteran Henry E. Sigerist,boleh dikata tiap buku mengenai pertambangan sesudah tulisan Agricola memasukkan satu bab tentang penyakit-penyakit para penambang. lebih jelasnya klik URL berikut ini http://obatpenyakitdiabetes.org/obat-alami-penyakit-gula-dengan-buah-noni/

Seorang dokter Italia yang bernama Bernardino Ramazz ini mengukuhkan dirinya sebagai pelopor peneliti bidang kesehatan ditempat pekerjaan tatkala dia menerbitkan bukunya yang bijak dan penuh pemikiran Penyakit-Penyakit Para Pekerja di tahun1700. Ramazz ini meneliti berbagai ancaman penyakit – serta langkah-langkah potensial untuk mencegahnya – di berbagai bidang pekerjaan. “Banyak tukang yang memandang pekerjaannya sebagai suatu matapencaharian buat menunjang kehidupan keluarganya, akan tetapi yang mereka peroleh tak lain dari penyakit yang mematikan, dengan akibat meninggal dunia sambii mengutuk mata pencahariannya”, demikian tulis Ramazz ini dalam kata pengantar bukunya.Dalam menghimbau rekan-rekannyadi dunia kedokteran dan di kalangan pembuat undang-undang agar membuat tempat-tempat bekerja lebih aman bagi para pekerja, Ramazz ini melontarkan suatu tantangan yang belum sepenuhnya disambut.

Selama paling tidak duaribu tahun, beberapa dokter dan orang yang penuh pemahaman telah menghubungkan bidang-bidang pekerjaan tertentu dengan penyakit-penyakit tertentu. Akan tetapi semua pemahaman itu belum pernah disusul dengan penelitian yang komprehensif dan usaha-usaha pengaturan guna mengekang penyakit-penyakit yang ada hubungannya dengan pekerjaan. Untuk pastinya, banyak dokter, peneliti, perusahaan, dan pekerja telah memberikan sumbangan yang berani demi kesehatan dan keselamatan pekerja. Dan tak ada orang bias dipersalahkan sehubungan dengan kurangnya pemahaman ilmiah menyangkut berbagai kesalahan di bidang pekerjaan. Tapi,bersamaan dengan itu, berbagai bahaya tetap meluas di antara masyarakat yang mempunyai sarana-sarana teknologi danekonomi yang dibutuhkan untuk sejauh mungkin mengurangi bahaya-bahaya bagi para pekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *