Cita-cita untuk hidup bebas penyakit mungkin tak akan pernah tercapai

Kebijaksanaan-kebijaksanaan sosial dan ekonomis yang membuat orang terlalu miskin untuk mendapatkan makanan yang cukup, air yang sehat, atau yang membuat orang Ialai bahwa peralatan-peralatan sanitasi yang tak sempurna semuanya turut mempengaruhi kesehatan. Demikian pula tiap proses produksi serta keputusan politis yang mengotori tempat-tempat kerja atau daerah sekitar dengan zat-zat yang berbahaya. Makanan, minuman, rokok, obat tradisional atasi diabetes dan kebiasaan yang berlebih-lebihan merupakan sumber dari banyak penyakit yang berbahaya; dan pada gilirannya semua kebiasaan ini dipengaruhi oleh berbagai tradisi kebudayaan, lembaga ekonomi dan kebijaksanaan pemerintah. Dengan keahaan-keadaan tertentu dari lingkungan, pola-pola kesehatan dalam masyarakat bisa kita perkirakan. di mana gizi tak memadai dan kebersihan tak terpelihara, penyakit-penyakit menular dan kematian anak-anak terjadi.

pola-hidup-sehatMakan secara berlebihan, terlalu banyak duduk, dan mdrokok senantiasa meminta korban di kalangan orang-orang setengah baya dalam beritut penyakit jantung dan kanker. Bila dunia usaha tidak diatur secara ketat, yang menjadi korban adalah para pekerja di tambang, di pabrik dan di lapangan, melalui penyakit dan kematian yang disebabkan oleh jenis pekerjaan mereka, yakni risiko tak ternilai yang tak pernah diperhitungkan ke dalam biaya-biaya produksi. Manusia mengalami perkembangan, demikian pula sekian penyebab penyakit, dan sifat biologis, geologi dan kimiawi dari lingkungan kita mengalami perubahan lebih cepat daripada sebelumnya, begitu pula kecerobohan manusia turut berperan. meskipun demikian, dengan menyalurkan pengetahuan kita tentang sumber-sumber penyakit secara efektif, kita bisa mengurangi banyak penderitaan yang tak perlu serta kematian prematur yang begitu sering terjadi. Namun, kemudian besar dalam kesehatan tak akan tercapai hanya dengan mengalirkan lebih banyak bantuan yang mahal untuk usaha-usaha penyembuhan.

Tiap perbaikan dalam struktur sosial serta pola tingkah-laku pribadi jauh lebih ampuh, dalam mengurangi beban penyakit dan tragedi m’ati muda daripada apa yang bisa dilakukan oleh obat-obatan dan para dokter. Untuk itu barangkali diperlukan reformasi tanah di El Salvador, pengawasan polusi udara di Jepang, dan program-program penggalian sumur di India; begitu juga perubahan-perubahan menu di Amerika Serikat, pengurangan kebiasaan merokok di Skotlandia, dan pengawasan debu kapas di pabrik tekstil Mesir Tentu saja jauh lebih mudah menyebutkan bahaya lingkungan terhadap kesehatan satu demi satu dari pada mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *