Dapat diperkirakan berapa jumlah lokus yang merupakan pengatur antigen transplantasi

Pada tikus paling sedikit ditemukan 20 lokus yang bersifat demikian, tetapi di antaranya satu gabungan lokus yang dinamakan H-2 bersifat fredominan dalam arti bahwa ia mengendalikan antigen-antigen transplantasi yang kuat dan sangat merangsang reaksi alograf yang sukar sekali dikuasai. Lokus H-2 ini merupakan obat herbal untuk penyakit diabetes kompleks histokompatibilitas utama (KHU), ini merupakan satu gambaran dari semua spesies vertebrata yang telah diselidiki, bahwa masing-masing mempunyai satu KHU tunggal yang dominan terhadap reaktivitas alo-transplantasi.

KOMPLEKS HISTOKOMPATIBILITAS UTAMA PADA TIKUS

Gambar organ limfoid

Determinan-determinan yang ditentukan secara serologik. Meskipun lokus H-2 tampaknya menjadi satu kesaruan tunggal, sekarang ini tampaknya jauh lebih ruwet dan mungkin dapat dipecahkan menjadi bagian-bagian lebih kecil yang dapat dipisahkan secara rekombinasi genedk (yakni dengan memp.ertukarkan kromosom-kromosom yang berseberangan antara bagian-bagian tersebut). Aloantisera yang diperoleh pada pencangkokan atau imunisasi antar tikus-tikus dari keturunan yang berbeda menentukan 2 daerah utama K dan D (Gambar 8.4), masing-masing ditentukan oleh sebuah lokus genetik utama (dengan beberapa alele) yang menjadi satu antigen transplantasi kuat yang tunggal. Dengan demikian setiap kromosom mengatur pembuatan satu kekhususan antigenik H-zK dan satu H-2D.

Sel-sel limfoid yang kaya akan antigen H-2; hati, paru-paru dan ginjal mempunyai jumlah yang cukup sedangkan otak dan otot-otot rangka hanya sedikit. Antigen-antigen tersebut jelas terdapat pada permukaansel ketika limfosit-limfosit siap untuk dipecahkan oleh antibodi :dengan bantuan komplemen. Percobaan-percobaan penutupan dan analisa agar -agar imunopresipitat SDS-poliakrilamida radiolab elled, y ang dilarutkan dengan deterjen H-2 memperliharkan bahwa kekhuzusai K dan D terletak pada molekul-molekul yang terpisah. Mereka ini terlihat pada peptida-peptida dengan berat molekul 43.000 yang dikaitkan dengan B2-mikroglobulin. Peptida 12.000 Dalton ini menunjukkan satu homologi yang sangar besar dengan bagian tetap (konstan) dari imunoglobulin dan tampaknya mempunyai rat., konfigurasi tertier yang serupa. Kesejajaran dengan imunoglobulin akan diperkuat seandainya dilaporkan bahwa molekul iersebut adalah suatu tetrapeptida yang terdiri dari dua rantai panjang H-2dan dua rantai pendek fl2-mikroglobulin yang dihubungkan satu sama lain oleh ikatan disulfida yang menunjang molekul. Antigen ini adalah glikoprotein, seperri yang diperkirakan sebagai protein permukaan sel, dan dari spesifisitas serologik ia lebih terletik pada deretan asam amino daripada karbohidrat, menurut dugaan dengan menggunakan data yang ada sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *