Hipoglisemia (kadar gula yang rendah)

Jika Anda menggunakan insulin atau mengonsumsi salah satu golongan sulfonilurea, maka olahtaga dan peningkatan aktivitas akan menurunkan kebutuhan Anda akan obat-obatan. Tentu ini merupakanhalyang baik. Akan tetapi, jika dokter Anda tidak menyesuaikan pengobatan Anda atau menambahkan jadwal camilan, Anda bisa mengalami hipoglisemia (kadar gula yang rendah) ketika tengah berolahraga atau empat hingga delapan jam setelahnya.

Jangan lupa membawa camnan yang mengandung gula untuk persediaan dan konsultasikan setiap perubahan rutinitas Anda dengan dokter sebelum melakukannva.

cegah-hipoglikemiaMeningkatkan lntensitas Olahraga

Ketika Anda sudah nyaman dengan olahraga rutin-tidak kehabisan napas lagi,merasa latihan tidak tedalu berat atau cenderung ringan-dan deny,ut nadi lebih rendah baik saat latihan maupun istirahat, maka sudah tiba waktunya untuk meningkatkan intensitas, durasi, atau frekuensi olahraga Anda. Apa pun yang ingin Anda sesuaikan tingkatannya, lakukanlah s ecara bertahap. Manfaatkan pemanas an untuk menentukan sejauh mana peningkatan intensitas olahraga yang ingin Anda lakukan.

Mulai dengan laahan seperti biasanya,lalu tambahkan intensitas sedikit demi sedikit hingga melebihi aktivitas sebelumnya, dan pettahankan tingkatan ini sambil rasakan efeknya. Perhatikan tubuh Anda, karena biasanya ia mengirim sinyal-sinyal bila Anda beraktivitas terlalu cepat, lama atau berat. Contoh sinyal yang umum adalah napas yang lebih pendek dari biasanya.

Kutangi kecepatan Anda.Jika kondisi tidak membaTkatau dada Anda terasa nyen, anggaplah ini sebuah pertanda situasi yang gawat. Gejala peringatan lainnya yang pedu diperhatikan karena bisa membahayakan, yaitu dada terasa sesak, rahang,lengan dan leher tidak nyaman selama lebih dari Iima menit, kepala terasa ringan atau denyut jantung tidak beraturan.

Hentikan kegiatan Anda dan segera cari bantuan. Peningkatan aktivitas dan olahraga sangat penting fika kita ingin memperbaiki akibat buruk dan gaya hidup kurang gerak kita saat ini. Perubahan gaya hidup ini akan menghasilkan penurunan berat badan dan mempertahankannya, serta obat untuk sakit gula kering meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan mempetbaiki kondisi kardiovaskular.

Peningkatan aktivitas dapat dengan mudah ditambahkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menlaga keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran energi. Olahraga pun bisa menjadi kegiatan yang aman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *