Pada pemeriksaan terlihat penyempitan hebat dari bronki dan bronkioli

Yang umumnya disertai :

(a) penyempitan otot polos dan

(b) pelebaran kapiler. Reaksi-reaksi yang serupa dapat terjadi pada manusia dan telah ditemukan pada orang-orang yang telah peka setelah sengatan serangga atau sunrikan penisilin. Sering kali kematian hanya dapat dicegah denFan penyundkan adrenalin intravena pada waktu yang tepat, untuk mencegah penyempitan otot polos dan pelebarai kapiler.

MEKANISME ANAFILAKSIS

patofisiologisreaksianafilaksissyok

Sir Henry Dale mengakui bahwa histamin meniru perubahanperubahan sistemik dari anafilaksis dan lagi pula urerus seekor marmot yang peka bila kontak dengan antigen melepaskan histamin dan berkontraksi (teknik Schultz-Dale). Serum binatang seperti itu secara pasif dapat membuat peka uterus seekor marmot normal, dan uterus tersebut akan berkontraksi pada pemberian antigen spesifik. Kontraksi ini dihubungkan dengan degranulasi serenrak mastositmastosit (Gambar 6.6a & b) yang menyebabkan pelepasan histamin dan zat perantara. anafilaksis lain, 5-hidroksitriptamin (seroronin) pada spesies tertentu.

Zat-zat perantara ,lain yang dilepaskan termasuk substansi reaksi-lambat anafilaksis (slow reictingsubstance = SRS-A) yang sanggup merangsang satu kontraksi otot-otot polos tertentu dalam waktu lama, faktor pengaktif trombosit (platelet activating factor PAF) heparin, dan faktor-faktor kemotaktik bagi sel-sel netrofil dan sel-sel eosinofil (Gambar 6.7). Sel-sel eosinofil tertarik ke tempat mastosit yang Mastosit-mastosit jelas terlihat diselubungi antibodi-antibodi berbentuk partikel di mana bagian Fc-nya dipat berikatan secara khusus pada tempat-tempat tertentu pada permukaan mastosit. Antibodi-antibodi homositotropik yang sangat efektif berasal dari kelas IgE tetap jelas bahwa IgG juga dafat bertindak sebagai reagin-reagin meskipun besarnya pengaruh terhadap keadaan alergi pada manusia belum dapat dipastikan.

Reagin-reagin IgG berbeia dari IgE karena kurang peka terhadap panas, kurang mampu mereduksi 2-merkaptoetanol dan terutama karena daya ikat terhadap mastosit lebih rendah. IgE yang disuntikkan intradermal pada orang normal masih dapat ditemukan dalam beberapa minggu pada tempat penyuntikan, sedangkan IgG sudah tersebar dalam beberapa hari. Percobaan anafilaksis kulit pasif (passive cataneous anaphylaxis = PAC) yang diperkenalkan oleh Ovary menggunakan reaksi kulit ini sebagai petunjuk yang sangat peka bagi antibodi yang bersifat reagin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *