Pengangkutan dan penyimpanin bahan radioaktif menampilkan persoalan tersendiri

radioactiveHingga sekarang, terdapat berton-ton bahan persenjataan utama yang tak bisa dipertanggung-jawabkan di Amerika Serikat. Kemungkinan-kemungkinan pencurian yang disengaja, penyebaran persenjataan nuklir atau sabotase pusat tenagaluga sulit diatasi. Berbagai konsekuensi tenaga nuklir atas bidang kesehatan dan kemasyarakatan harus dihadapkan dengan berbagai konsekuensi jangka panjang dari kemungkinan-kemungkinan energi pengganti. Sistem energi yang bersumber pada bahan bakar fosil juga punya resiko-resikonya sendiri terhadap kesehatan, seperti dijelaskan oleh analisa menyangkut sekian bahaya polusi udara dalam Bab 7. Akan tetapi sumber-sumber energi yang relatif murah, termasuk obat alami untuk penyakit diabetes melitus sistem energi biologis dan matahari, kini nampak bisa diusahakan.

Kedua sumber tenaga ini hanya mengandung sedikit bahaya langsung dan sama sekali tak mengandung bahaya yang tak terbayangkan seperti pada tenaga nuklir. Orang bisa saja berhenti merokok atau meninggalkan tempat0tempat yang penuh dengan asap rokok. Sampai tingkat tertentu, mereka juga bisa mengontrol menu rnakanan mereka serta mengatur banyaknya cahaya matahari yang mengenai tubuhnya. Tapi berbagai pencemar seperti sisa-sisa radioaktif menampilkan jenis tantangan lainnya. Kekuatan-kekuatan sosial yang lebih luas menentukan tingkat keterkenaan tiap orang. Sama halnya, obat-obatan yang merangsang kanker merupakan bahaya yang pengawasannya memerlukan langkah-langkah bersama. Dalam teori, tiap oipng bisa menpntukan pengobatan med.isnya sendiri; dalam praktek, hanya sedikit yang bisa melaksanakannya.

Tak banyak orang awam yang punya pengetahuan atau rasa percaya-diri untuk mempertanyakan tepat-tidaknya suatu resep obat-obatan. Mereka umumnya menggantungkan diri pada belai kasihan dokternya. Menurut definisi, obat-obatan adalah zat-zat yang aktif secara biologis, dan banyak menimbulkan akibat sampingan. Baik peraturan-peraturan pemerintah maupun etik kedokteran sama- sama bertujuan untuk menjauhkan obat-obatan berbahaya dari pasar kecuali dalam kasus-kasus di mana manfaat dari penggunaan secara khusus dan seksama melampaui bahayaba-hayanya. Misalnya, walaupun obat-obatan immuno-suppressiye tertentu bisa mengakibatkan kanker, transplantasi ginjal untuk memperpanjang hidup tak akan bertrasil tanpa itu. Sayangnya, pengujian yang tak memadai (terutama untuk akibat-akibat jangka panjang yang sulit diketahui dan ada kalanya peraturan pemerintahyang tak memadai beberapa kali telah mengikibatkan hagedi-tragedi yang disebabkan oleh obat-obatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *