Variasi dalam Struktur Imunoglobulin

Setiap usaha untuk-menganalisa bentuk asam amino imunoglobulin yang  terdapat dalam serum normal selalu diganggu dengan banyaknya jenis molekul yang ada Heterogenitas ini dapat disimpulkan dari analisa imunoelektioforesa, yang prinsip- prinsipnya diterangkan pada Gambar 2.8. Jelas bahwa imunoglobulin terdapat dalam pelbagai kelas molekul dan juga memiliki mobilitas elektroforetik yang luas dalam tiap kelas, diam hal igG berkisar dari y- globulin lambat sampai X2-globulin (Gambar2.9) Variasi mobilitas ini disebabkan oleh karena adanya perbedaanmuatair akhir pada pelbagai molekuI imunoglobulin dan menunjukkan adanya obat herbal penyakit diabetes tipe 1 variasi bentuk asam amino (misalnya penggantian residu netral seperti valin dengan asam amino basa seperti lisin cenderung untuk menaikkan muatan akhir menjadi +1).

fixBahkan antibodi¬† “murni” terhadap hapten sederhana dapat memiliki pula spektrum mobilitas elektroforetik luas, seperri telah disebut dalam bab terdahulu. Antibodi demikian merupakan aneka macam antibodi dengan pelbagai tingkat kecocokan terhiidap macam-macam bentuk tempat penggabung pada permukaan hapten Setelah analisa bentuk asam amino protein mieloma, dapatlah diternukan jawaban atas problem a yang sulit ini. Pada penyakit manusia yang dikenal sebagai mieloma rnultipel, satu sel yang mdmbuat satu macam imunoglobulin akan membelah terus-mene rus secara tidak terkendali menyerupai sel-sel kanker, tanpa mempedulikan kebutuhan-kebutuhan tuan rumah.

Dengan demikian penderita memiliki sejumlah besar sel-sel identik yang berasal sebagai klon dari sel asli dan semua sel-sel ini membentuk t imunoglobulin yang sama protein mieloma atau protein-M yang terdapat dalam serum, kadang-kadang dalam konsentrasi tinggi. Dengan memurnikan protein mieloma dapatlah diperoleh sejenis imunoglobulin dengan struktur khas. Piotein mieloma ini telah dipelajari melalui dua cara: analisa asam amino dan pengenalan kelompok-kelompok utama yang khas pada molekul-molekul dengan menggunakan antibodi khusus yang dihasilkan binatang percobaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *