Tips Ampuh Cegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup atau insulin yang dihasilkan tidak dapat bekerja dengan baik. Ini sebabnya ketika diperiksa kadar gula akan naik.

Diabetes bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: obesitas, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat berlebih, kurangnya olahraga, dan faktor keturunan.

Komplikasi juga sering kali terjadi pada penderita diabetes, bahkan diabetes juga memicu penyakit seperti gagal ginjal, ulkus diabetes, retinopati diabetik, serangan jantung dan hipertensi. Maka dari itu sebaiknya penderita dapat mengontrol kadar juga mereka pada batas normal sehingga bisa terhindar dari kerusakan pada organ lain.

Bagaimana Cara Mengetahui Seseorang Menderita Diabetes?

Berikut ini adalah gejala-gejala yang dialami oleh penderita diabetes yang perlu Anda ketahui:
1. Sering BAK (Buang Air Kecil)

2. Haus berlebihan

3. Berat badan mengalami penurunan

4. Sering mengantuk

5. Mengalami kesemutan pada bagian tangan serta kaki

6. Pengelihatan kabur

7. Luka yang tak kunjung sembuh atau sembuh tetapi lama

Jika Anda mengalami hal-hal di atas, sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah Anda menderita diabetes atau tidak.

Tips Ampuh Cegah Diabetes

1. Menjaga Pola Hidup Sehat
Hal paling utama dalam mencegah penyakit diabetes adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Hindarilah makanan yang memicu terjadinya penyakit yang satu ini. Contohnya: Permen, es campur, fast food dan makanan manis lainnya. Biasakan berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu dan pilihlah pengobatan gula darah tinggi terbaru yang efektif.

2. Menjaga Berat Badan Ideal
Untuk mejaga kesehatan tubuh, sebaiknya Anda mulai menjaga berat badan pada kategori berat badan ideal. Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih sebaiknya Anda mulai untuk diet rendah kalori atau bisa menambah porsi olahraga sehingga berat badan bisa masuk pada kategori ideal.

  1. Perbanyak Konsumsi Sayuran
    Untuk menambah serat di dalam tubuh, Anda bisa perbanyak konsumsi sayuran terutama sayuran hijau. Sedangkan untuk karbohidratnya bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah / nasi hitam.
    Indeks glikemik pada nasi putih lebih banyak daripada nasi merah. Semakin banyak indeks glikemik pada makanan semakin memSicu terjadinya peningkatan kadar gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *