Jual Apartemen Baru di Kebon Jeruk Jakarta Barat

Jakara Barat sekarang menjadi primadona bagi banyak developer untuk mendirikan apartemen. Oleh karena itu banyak apartemen di kawasan ini seperti Taman Anggrek, Centrak Park, West Mark, Season City, Bellmont dan lain-lain. Begitu juga sekarang banyak apartemen baru yang sedang dibangun atau bahkan sudah tahap finishing sehingga siap dihuni seperti Gallery West, Giannetti, DaMoCi di Daan Mogot, Veranda di Kedoya dan lain-lain.

Untuk Anda yang suka investasi atau berencana untuk tinggal di daerah ini, apartemen bisa menjadi pilihan property yang cocok. Dilengkapi fasilitas yang lengkap untuk penghuni, dekat perkantoran, dekat too dan berada di daerah yang strategis, banyak developer yang sedang jual apartemen baru di Kebon Jeruk – Jakarta Barat.

apartemen-baru-di-kebon-jeruk

Bagi Anda yang telah membeli sebuah apartemen tentu saja ingin memiliki ruang keluarga yang nyaman untuk semua keluarga berkumpul atau berbagi cerita apa saja yang telah dilakukan hari ini. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda.

Ruang tamu dan Ruang Keluarga memiliki fungsi yang berbeda. Mungkin karena perbedaan budaya antara dunia barat dan timur sehingga di tempat kita antara Ruang Tamu dan Ruang Keluarga mendapatkan pemisah yang jelas. Ruang Tamu, sesuai dengan namanya, difungsikan sebagai area penerima tamu. Ruang ini berada tepat setelah pintu masuk atau bagian paling depan sebuah apartemen sebelum teras.

Mungkin karena kegiatan berkunjung ke apartemen orang lain sudah menjadi tradisi di lingkungan masyarakat kita maka dibuatkan sebuah ruang khusus untuk tamu. Tapi pada apartemen modern yang sedang berkembang saat ini, jarang kita jumpai ruang tamu yang menyatu dengan teras.  Justru yang paling banyak kita temui adalah Ruang Tamu yang menyatu dengan Ruang Keluarga. Fenomena ini terbentuk karena faktor efisiensi dan keterbatasan lahan saja.

Untuk tujuan efisiensi beberapa ruang publik masih memungkinkan untuk digabung pada satu ruang besar tanpa sekat dinding tertutup.  Jenis ruang yang menungkinkan untuk penggabungan ini antara lain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan, Ruang Baca, Ruang Kerja, Dapur, Pantry dan ruang-ruang publik yang lain. Untuk ruang privat sepeti Kamar Tidur dan KM/WC sebaiknya tetap tersekat dan tertutup untuk menjaga privasi.

Zona pemisah antara Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Karena memiliki fungsi yang berbeda meskipun berada dalam satu ruang, akan terbentuk zona pemisah antara Ruang Tamu dan  Ruang Keluarga. Zona pemisah ini terbentuk berdasarkan perbedaan fungsi ruang dan komponen interior yang bisa kita rekayasa dalam desain, antara lain:

 

  1. Permainan Lantai

Kita bisa menggunakan lantai untuk membedakan zoning antara Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan membuat elevasi atau ketinggian lantai yang berbeda. Area untuk Ruang Tamu bisa dibuat dengan trap yang lebih tinggi atau sebaliknya.

Perbedaam material lantai juga bisa menjadi pemisah ruang. Menggunakan lantai parket kayu diantara lantai kemarik atau memilih pola keramik yang berbeda  juga bisa dicoba. Atau bisa anda membentangkan selembar karpet di area Ruang Tamu sehingga menjadi pembeda terhadap Ruang Keluarga.

  1. Warna

Permainan warna pada dinding atau mengolahan backdrop yang berbeda akan menjadi pembeda wilayah antar ruang.

  1. Dekorasi

Anda bisa juga menggunakan elemen dekoratif untuk menjadi pemisah ruang. Lukisan, ornamen atau karya seni yang lain bisa anda manfaatkan. Secara lugas elemen dekorasi dalam bentuk partisi bisa menjadi pemisah ruang.

  1. Pencahayaan.

Perbedaan jenis dan intensitas pencahayaan juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi pemisah antara Ruang Tamu dengan Ruang Keluarga. Anda bisa juga menggunakan lampu gantung khusus yang akan menjadi penanda sutau jenis ruang.

  1. Furniture

Ini adalah faktor yang paling mudah untuk menentukan apakah sebuah ruang akan dijadikan sebagai Ruang Tamu atau Ruang Keluarga. Ketika kita melihat satu set kursi yang mengelilingi sebuah coffee table maka bisa disimpulkan bahwa itu adalah ruang tamu.

Ketika kita melihat sebuah sofa tunggal yang besar, empuk dan nyaman dengan karpet beludru dibawahnya dan LED TV besar didepannya maka kita bisa menyimpulkan bahwa itu adalah ruang keluarga.

Perbedaan secara Psikologis antara Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Kita sudah membahas tentang hal yang nampak untuk membedakan zoning antara Ruang Tamu dan Ruang Keluarga. Sekarang kita akan membahas tentang hal yang tak nampak yang berpengaruh secara psikologis.  Faktor ini akan menentukan konsep penataaan dan pemfungsian masing-masing ruang.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga memang merupakan ruang publik namun memiliki derajat yang berbeda. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa Ruang Keluarga adalah ruang semi publik.

Dengan demikian elemen dekoratif dan fungsi turunan dari masing-masing ruang akan berbeda.

Kita bisa memajang elemen dekoratif yang umum dan bisa diterima oleh tamu dari luar seperti hiasan bunga, ornamen topeng, patung, dan yang lainnya sedangkan foto kewlurga, koleksi DVD dan buku-buku pribadi lebih tepat ditempatkan di Ruang Keluarga.

Meja kerja untuk kantor dan mesin treadmill untuk fitness pribadi lebih pantas di tempatkan di Ruang Keluarga.  Perbedaan elemen dekoratif dan aktifitas secara psikologis juga bisa menjadi pembeda ruang.

Jika anda memiliki Ruang Tamu dan Ruang Keluarga yang menyatu silahkan gunakan tip-tip diatas. Kita tidak perlu terlalu risau jika kedua ruang itu berada dalam satu ruangan; justru kelebihannya akan menambah kesan ruang yang luas.

Demikianlah beberapa ulasan dan tips dari kami agar ruang apartemen dapat dimanfaatkan secara maksimal. Bagi Anda yang ingin beli apartemen baru di Kebon Jeruk dan perlu dekorasi, kami siap membantu Anda. Kami juga bekerjasama dengan jasa desain interior untuk mendesan dan mengatur tata letak apartemen sehingga bisa maksimal.

Jika Anda tertarik untuk beli atau invest apartemen di Jakarta Barat khususnya Kebon Jeruk ada 2 pilihan apartemen yaitu Gallery West Residences atau The Gianetti yang berada di kawasan Casa Goya Residences.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *