Hubungan Antara Kesuburan Wanita dan Merokok

Hubungan Antara Kesuburan Wanita dan Merokok – Bukan rahasia bahwa merokok merugikan kesehatan Anda; jadi mungkin tidak mengejutkan juga bila merokok dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Merokok telah dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena berbagai penyakit kanker, penyakit jantung, emfisema, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Racun yang terkandung dalam rokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru Anda, tetapi juga pada kesehatan seluruh tubuh Anda, termasuk sistem reproduksi Anda.

Berhenti Merokok
Berhentilah merokok, karena merokok dapat membahayakan anak bahkan sebelum lahir, itu merupakan saran yang tepat untuk berhenti merokok bahkan sebelum Anda mempertimbangkan untuk hamil. Bila Anda tidak berhenti merokok sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil, Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk dapat hamil dan menjaga kehamilan.

berhenti merokok

Sekitar 23 persen dari wanita Amerika usia 18 atau lebih adalah perokok, dan hampir 13 persennya mengalami tingkat kesuburan rendah akibat merokok. Studi dari dampak merokok biasanya menganalisis efek dari” rokok yang dihisap per hari pada kemungkinan pembuahan. Kebanyakan melaporkan bahwa kemungkinan pembuahan menurun jika pasangan wanita merokok lebih dari 10 batang per hari. Ini disebabkan karena merokok mengakibatkan terjadinya perubahan tuba, perubahan serviks, kerusakan gamet, dan peningkatan aborsi spontan dan kehamilan ektopik .

Selain itu, banyak penelitian yang menghubungkan merokok dengan menapouse dini. Penelitian menunjukkan bahwa merokok menyebabkan penipisan dini dari kolam ovarium dan penuaan dini ovarium (lebih dini satu sampai empat tahun dari seharusnya). Komponen asap rokok dapat menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan DNA dalam folikel ovarium. Penuaan ovarium diduga menjadi kontributor utama untuk infertilitas.

Infertilitas dan Merokok
Sebagian besar penelitian tentang merokok telah difokuskan pada efek dari merokok dalam jumlah tertentu dengan kesuburan seorang wanita. Studi menemukan bahwa wanita yang merokok 10 batang atau lebih per hari kemungkinan akan mengalami infertilitas yang berhubungan dengan kebiasaan merokok nya.

Kesuburan Wanita dan Merokok

Ini tidak berarti merokok lebih sedikit per hari tidak akan menyebabkan turunnya kesuburan. Tetapi jelas bahwa merokok 10 atau lebih per hari meningkatkan risiko bertambah.

Dalam penelitian, merokok ditemukan secara khusus dikaitkan dengan masalah kesuburan berikut:

  • Masalah dengan saluran tuba, termasuk penyumbatan (mencegah telur dan sperma dari pertemuan) dan peningkatan risiko kehamilan ektopik.
  • Perubahan serviks, khususnya peningkatan risiko mengembangkan kanker serviks.
  • Kerusakan telur karena mereka berkembang dalam ovarium.
  • Peningkatan risiko keguguran, kemungkinan karena telur yang rusak, kerusakan pada janin yang sedang berkembang, atau perubahan yang tidak menguntungkan dalam lapisan rahim, yang dapat membuat implantasi sehat embrio kecil kemungkinannya.

Merokok dan Menopause Dini
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat menyebabkan tidak hanya masalah dengan kesuburan saat Anda sedang merokok, tetapi menyebabkan kesuburan menurunkan di masa depan.
Sementara pria menghasilkan sperma baru sepanjang hidup mereka, wanita dilahirkan dengan semua telur mereka akan pernah. Setelah telur-telur yang rusak, tidak ada akan kembali.

Merokok dapat menurunkan jumlah telur seorang wanita memiliki di ovariumnya, dan menyebabkan ovarium untuk usia dini. Racun dalam rokok juga dapat menyebabkan kerusakan DNA pada folikel ovarium, di mana telur biasanya mengembangkan hingga jatuh tempo. Ini penuaan dini ovarium dan penurunan telur dapat menyebabkan menopause awal, sebanyak empat tahun lebih awal dari biasanya.

Lebih Banyak Merokok Menyebabkan Waktu Lebih Lama Untuk Pembuahan.
Penelitian juga menemukan bahwa semakin banyak seorang wanita merokok sehari, mengakibatkan semakin lama dia akan hamil.

Menurut sebuah penelitian yangdilakukan pada lebih dari 4.000 wanita, setelah tiga setengah bulan mencoba untuk hamil, hampir 60% dari non-perokok dapat mencapai kehamilan. Pada wanita yang merokok 1-10 batang sehari, sekitar 50% bisa mencapai kehamilan. Dan bagi wanita yang merokok lebih dari sepuluh batang rokok per hari, hanya 45% yang bisa mencapai kehamilan setelah tiga setengah bulan.

Merokok dapat menyebabkan kerusakan kesuburan untuk jangka panjang, penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kesuburan dapat membaik setelah satu tahun berhenti.

Beberapa wanita mungkin tergoda untuk terus merokok sampai mereka hamil. Namun, yang terbaik untuk Anda dan bayi Anda di masa depan adalah jika Anda berhenti sebelum Anda hamil. Hal ini juga akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil, lebih mudah pada tubuh Anda, lebih sehat untuk bayi Anda, dan menurunkan risiko keguguran kehamilan.

Jika pasangan Anda juga seorang perokok, yang terbaik adalah untuk berhenti bersama-sama, dan ada banyak alasan yang baik mengapa Anda harus melakukannya. Asap rokok dapat menurunkan kesuburan Anda dan mengancam kehamilan Anda, dan beberapa studi telah menemukan bahwa merokok menurunkan kesuburan pria juga. Belum lagi masalah kesehatan yang dapat timbul pada bayi dan anak-anak yang terpapar asap rokok.
Menghentikan kebiasaan merokok bila dilakukan bersama-sama dengan pasangan akan meningkatkan kesempatan Anda berhasil berhenti juga. Apabila anda pasangan suami istri yang menginginkan masa suburan  kembali seperti semula, anda bisa mencoba madu penyubur Al Mabruroh yang tersedia dalam dua varian yaitu madu penyubur untuk pria dan wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *