Merawat Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir lembut dengan bentuknya penuh, tentu akan terlihat menawan, terutama bagi kaum wanita. Sayangnya, bibir termasuk bagian tubuh yang sensitif, sehingga mudah kering dan pecah-pecah.

Merawat Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir terdiri atas jaringan mukosa, yang memungkinkan warna merah dari kapiler-kapiler (pembuluh atau pipa rambut) dalam dermis atau lapisan kulit bagian dalam, membayang keluar bibir.

Selain itu, bibir juga tidak memiliki lapisan yang dapat melindunginya dari keringat dan minyak tubuh. Kleh sebab itu, bibir menjadi sangat rentan untuk menjadi kering dan pecah-pecah bila terekspos atau terpapar udara, sinar matahari, lipstik, makanan atau minuman panas, dan sebagainya.

Bila bibir menunjukkan tanda-tanda kering dan pecah-pecah, sebaiknya lakukanlah langkah-langkah sebagai berikut :

  • Jangan merokok. Sebab, ’racun’ dalam rokok justru bisa memperparah kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah.
  • Pakailah produk kecantikan seperti pelembab bibir (lip balm) untuk menjaga agar bibir tetap lembab. Pilih yang mengandung tabir surya, sehingga bibir terlindungi dari paparan sinar matahari.
  • Jangan membasahi bibir dengan air liur (salive). Sebab, air liur mengandung enzim yang bisa menyebabkan bibir kering dan mengurangi kelembaban bibir.
  • Jangan mengelupas bibir yang kering. Minumlah air putih yang banyak dan obat yang dapat merevitalisasi bibir dengan kandungan vitamin C dan A serta oleskan madu untuk mengembalikan kelembaban.
  • Konsumsi vitamin, buah-buahan, dan sayuran berwarna oranye dan merah, untuk kulit dan mukosa.
  • Hindari pasta gigi yang mengandung banyak deterjen. Sebab, pasta gigi seperti itu justru bisa menyebabkan bibir yang kering semakin kering, hingga akhirnya pecah-pecah.
  • Jalani treatment tertentu, misalnya injeksi filler, masker bibir. Treatment tersebut bisa membuat bibir lebih lembab, lembut, kenyal dan terlihat lebih penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *