Tak memadainya jumlah atau jenis makanan yang tepat

Kini dengan tandas dinyatakan sebagai penyebab utama dari mortalitas yang luarbiasa tingginya di kalangan anak-anak di negeri miskin. Sejauh ini peneiitian yang paling luas dan terpercaya atas mortalitas anak-anak di dunia sedang berkembang, yakni penelitian yang menangani obat herbal penyakit diabetes basah kematian di kalangan anak-anak kecil di limabeias kawasan di Amerika ialdh yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Se-Amerika PAHO di tahun 1973. Telaah ini menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi atau ketak-matangan bayi (yang mencakup kelahiran prematur serta kelahiran dengan berat yang tak cukup) merupakan penyebab utama hanya buat 6 persen kematian di kalangan anak-anak yang berumur lima tahun ke bawah.

MORTALITASNamun, kekurangan nutrisi atau ketak-matangan ternyata ada hubungannya dengan 57 persen dari seluruh kematian anak-anak. Dengan dernikian, nutrisi rendah barangkali merupakan biang keladi bagi lebih dari separoh kematian anak-anak di Amerika Latin; dan suatu kalkulasi yang sama di Asia Selatan dan Afrika Tengah mungkin sekali akan memberikan angka yang bahkan lebih tinggi. Sebagaimana ditunjukkan oleh banyaknya kernatian yang ada hubungannya dengan kelahiran yang tak matang, nutrisi rendah bisa merusakkan anak yang belum lahir. Bayi yang beratnya tak cukup sangat peka terhadap penyakit menular, dan kerapuhan ini ada kalanya berlangsung selama berbulan-bulan. Pengaruh yang persis dari nutrisi ibu terhadap berat badan bayi belum lagi diketahui, akan tetapi bukti-bukti menunjukkan bahwa pengaruh bermula jauh sebelum kehadiran seorang anak diketahui.

Sesungguhnya, menu masakecil seorang ibu, yang turut menentukan ukuran fisik serta kesehatannya secara keseluruhan. Biasanya mempengaruhi ukuran sang bayi. Kalau seorang ibu selama itu telah kekurangan makanan dan tidak sehat selama masa kecilnya, menurut Dr. Herbert G. Birch, “kehamilannya lebih sering terganggu dan anaknya lebih sering tak memiliki berat yang cukup. Nutrisi rendah dikalangan anak-anak dewasa ini akibatnya akan membahayakan generasi berikut. Meskipun tidak begitu mengejutkan, sejumlah telaah juga telah menunjukkan bahwa bayi, demikian pula ibunya, bisa mendapatkan akibat buruk dari kekurangan selama kehamilan, terutama jika sang ibu pernah mengalami nutrisi rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *